Search

Disebut Mata-matai Percakapan WhatsApp, Ini Kata Instagram - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Belakangan ini, banyak pengguna menduga Instagram memata-matai percakapan di Whatsapp. Penyebabnya, pengguna sering menemukan iklan yang berkaitan dengan apa yang mereka bicarakan di Whatsapp.

Menanggapi hal tersebut, Adam Mosseri, Head of Instagram, memberikan pernyataan ada dua hal yang bisa menjadi alasan mengapa hal itu terjadi. Yang pertama adalah keberuntungan. Sementara alasan yang kedua disebabkan oleh alam bawah sadar yang didorong oleh ketertarikan terhadap sesuatu.

"Anda mungkin secara tidak sadar berinteraksi dengan konten yang sesuai dengan minat Anda. Sebagai contoh, mungkin Anda tertarik pada makanan dan restoran. Kemudian Anda menemukan foto restoran di Facebook atau Instagram, dan Anda menyukai foto tersebut. Inilah yang kami sebut sebagai top of mind, mungkin hal tersebut dilakukan secara tidak sadar, dan konten serupa akan muncul kembali," ujar Adam, saat dikonfirmasi oleh wartawan CNBC, (18/12/2019).

Selain itu, ia menegaskan pihaknya tidak pernah sama sekali melihat pesan percakapan pengguna di Whatsapp dan juga tidak mendengarkan percakapan melalui mikrofon handphone. Karena praktik-praktik tersebut sangat bertentangan dengan prinsip Instagram.

Sebelumnya, terdapat contoh kasus seperti yang dirasakan Raden Purnomo. Pegawai swasta ini juga mendapati iklan mengenai pembicaraannya di WhatsApp bersama teman.

"Saya ngobrol dengan teman soal tempat makan yang enak, pas buka Instagram muncul iklan restoran," ungkapnya, kepada wartawan CNBC, (18/12/2019).

Karena penasaran dia kemudian mencoba kembali ngobrol dengan temannya. Kali ini ngobrol tiket pesawat ke Bali karena ingin pelesiran di Bali.

"Ketika buka Instagram muncul iklan Airasia. Saya mencobanya sampai lima kali dan iklan yang berkaitan dengan obrolan tersebut muncul di Instagram," jelasnya.

Hal serupa dialami Uci Budiarti. Wanita 32 tahun ini menceritakan ketika itu dia sedang chatting dengan teman di WhatsApp soal ikut kelas Yoga tak berapa lama ketika buka Instagram muncul iklan kelas Yoga.

"Saya engga browsing [kelas Yoga] di Chrome. Teman gw cuma nanya doang, di Instagram muncul iklan Yoga," ujarnya

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20191218181216-37-124226/disebut-mata-matai-percakapan-whatsapp-ini-kata-instagram

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Disebut Mata-matai Percakapan WhatsApp, Ini Kata Instagram - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.